Nasi Mengajarkan Kita untuk Saling Memberikan Perhatian

Ada sebuah keluarga di Jepang yang melakukan sebuah percobaan. Mereka memasukkan nasi ketiga buah botol. Setiap hari selama satu bulan, seluruh anggota keluarga, bahkan anak-anak mengatakan “Terima kasih” ke salah satu botol, mengatakan “kamu bodoh” ke botol kedua, dan tidak mengatakan apa-apa ke botol ke tiga.

Akhirnya apa yang terjadi? Ternyata pada botol yang diucapkan “terima kasih” membentuk fermentasi dengan bau yang khas. Sedangkan nasi yang dipanggil dengan sebutan “kamu bodoh” menjadi basi dan hitam. Lalu nasi yang ”tidak dikatakan apapun” menjadi basi lebih cepat daripada nasi yang dikatakan ”kamu bodoh”. Ternyata, diejek lebih baik dari pada tidak dipedulikan. (sumber: the power of water; Masaru Emoto)

Percobaan dari sebuah keluarga di jepang ini mengajarkan kita tentang memberikan perhatian kepada sesama. Kita sebagai manusia mempunyai keluarga, saudara, tetangga, teman dsb. Seberapa besar kita sudah memberikan perhatian kepada mereka.

”Ternyata diejek lebih baik dari pada tidak dipedulikan”. Sungguh memberikan perhatian dan kasih sayang kita kepada keluarga, saudara, dan teman, dapat memberikan sebuah energi positif yang menjadikan keindahan dan keharuman dalam hidup bersosialisasi. Namun jika kita mengejek atau mencemooh orang, maka yang terjadi adalah bertebarnya energi negatif yang dapat menjadi penyakit dan merusak persaudaraan. Yang lebih parah lagi jika kita tidak pernah memberikan perhatian sama sekali, nasi saja bisa menjadi lebih cepat basi, apalagi manusia.

Di Al-Quran pun dijelaskan bahwa kita harus menjaga silaturahmi:

”….. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”  (QS. An-Nisaa:176).

dan Nabi Muhammad saw pun menganjurkan kita harus saling menyayangi sesama manusia. Cintailah manusia sebagaimana engkau mencintai terhadap dirimu sendiri (HR. Bukhari).

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s