Menghilangkan Lelah, Lesu, dan Malas di Hati

Banyak godaan yang menerpa hati. Rasa lelah dan lesu di hati kadang merasuk di hati. Jika ini dirasakan maka hati ini harus disegarkan kembali. Seperti orang yang telah bekerja keras, lalu merasakan kelelahan, maka dia akan mencharger tubuhnya agar kembali segar.

Istirahat dan makan dia lakukan sebentar, kemudian melanjutkan bekerja keras kembali. Begitu pula hati, jika lelah dan lesu yang kita rasakan. Berarti kita perlu mencharger hati kita. Charger hati kita dengan sholat, tilawah quran, datang ke majelis ilmu dan dzikir, dan lakukanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Karena sesungguhnya yang membuat rasa lelah dan lesu dihati bukan hanya karena hati itu sedang kehabisan energi, tetapi karena melakukan hal yang tidak bermanfaat.

Berdasarkan penelitian pribadi, ketika kita memikirkan dan melakkan suatu hal yang tidak bermanfaat, maka hati kita akan terasa lelah dan lesu untuk melakukan hal yang bermanfaat. Contoh, ketika kita habiskan waktu kita dengan menonton tv, maka untuk melakukan hal lain yang bermanfaat, hati ini akan terasa berat, karena telah merasa nyaman dengan hal tersebut. Maka yang akan kita lakukan adalah terus menonton tv dan bermalas-malasan. Entah ini benar atau tidak, tetapi ini telah terjadi pada diri saya hari ini.

Dibutuhkan kekuatan untuk menghilangkan rasa malas. Maka yang saya lakukan adalah kembali lihat catatan tugas apa yang belum saya kerjakan dan cita-cita yang telah saya tuliskan. Charger hati kita dengan sholat, tilawah quran, datang ke majelis ilmu dan dzikir, dan lakukanlah kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Hal inilah yang dapat menghilangkan rasa malas di hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s