Kumpulan Tausiyah 1

 ILMU

Tak terasa gelar mahasiswa tercantum dalam nama-nama saya ataupun teman-teman sekalian. Tapi sudah seberapa manfaatnya ilmu yang kita dapat saat ini. Sudahkah ilmu yang kita dapatkan bermanfaat bagi orang lain?

“Mengajarkan ilmu pengetahuan dan menyebarkannya kepada yang belum mengerti tidak akan berkurang kecuali jika ilmu itu dirahasiakan (Umar bin Abdul Azis).

Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dirham atau dinar, namun mereka mewariskan ilmu. Maka barang siapa yang mengambil ilmu berarti ia telah mengambil warisan para dai dengan bagian yang banyak” (H.R Tirmidzi).

Sudahkah kita sering mencatat dan menulis? Ini ada tips dari Umar bin Abdul Aziz yang disampaikan oleh salah seorang ikhwan dengan mengirimkan sms kepada saya.

“Ikatlah kenikmatan dengan bersyukur dan ikatlah imu dengan  mencatat” (Umar bin Abdul Aziz)

PEJUANG

Ikhwafillah, apakah kita sudah yakin saat ini kita sudah dapat dikatakan sebagi pejuang dakwah ini? Pejuang agama ini. Pejuang dakwah yang mengharapkan ridho Allah.  Mungkin terkadang kita lupa bahkan sering lupa, sehingga sering kita lemah dan hati kita merasa menyerah.

“Seorang pejuang sejati tidak pernah mengenal kata akhir dalam perjuangannya. Ia tidak memerlukan gemuruh tepuk tangan. Tidak lemah karena cacian dan tidak bangga dengan penghargaan” (anonim).

Nasib

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri (QS Ar Ra’d :11).

Tolong Menolong

Saling tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan takwa dan janganlah kamu saling tolong menolong dalam perbuatan dosa dan permusuhan.

Persiapan MUSA

Tak terasa sekarang sudah tanggal 25 Desember 2012 dan tinggal 31 hari lagi MUSA (Musyawarah Anggota) akan terlaksana. Tanda regenerasi pengurus LDK Syahid akan terjadi. Hal ini umum terjadi di setiap organisasi. Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ ) pun menjadi hal yan gwajib dikerjakan bagi para pengurus LDK.

Di malam ini ada yang mengirimkan sms pengingat LPJ.

“Repot berdakwah adalah suatu kebahagiaan, ia membuat kita tak ada waktu meratapi penderitaan. Sibuk kesana kemari, menanamkan iman kepada orang lain adalah suatu kegembiraan, ia membuat kita dengan nyata merasakan kehidupan ini. Kelelahan membangun syariat Allah adalah suatu kenikmatan , ia membuat kita tak ada waktu untuk berkhayal” (Hasan Al Banna)

Jika lelah itu lillah berbahagialah

-H -31 Musa-

Yuk mulai susun laporan kerja yang diawali dengan janji padaNya. Moga tertunaikan dengan sebaik ikhtiar

#ldk syahid 16

Menjaga Diri

Sebagai pelakon dakwah, kita harus bisa menjaga diri kita. Menjaga untuk terus melakukan perbuatan kebajikan dan menjaga untuk tidak melakukan kemaksiatan.

“Menjaga perbatasaan sehari di jalan Allah lebih baik dari dunia dan seisinya. Tempat (seluas) cambuk seorang disurga lebih baik dari pada dunia seisinya. Berpergian seorang hamba di jalan Allah pagi ataupun petang lebih baik dari pada dunia dan seisinya.” (HR Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Ukhuwah

Persaudaraan dan persahabatan dengan teman-teman kita yang berjuang di jalan Allah menjadi hiasan bagi diri kita dan menjadi penyemangat dalam diri kita untuk berlomba-lomba di jalan kebaikan. Kadang rasa kesal dan marah menyelimuti persaudaraan ini karena hanya masalah kecil, namun rasa rindu di hati ini akan tetap terpatri di lubuk yang terdalam.

Ketika ada teman yang menanyakan, apa itu ukhuwah ? Ini jawabannya.

“Ukhuwah itu bukan terletak dari pertemuan, bukan pula pada manisnya ucapan di bibir. Tetapi pada ingatan seseorang terhdap saudaranya di dalam doanya (Imam Al-Ghazali)

Al-Quran dan Islam

Ini adalah kata-kata yang saya dengar ketika mengikuti pra-training ESQ.

“Bukan Al-Quran untuk Islam. Bukan Dunia untuk Islam. Tetapi Al-Quran dan Islam untuk Dunia.”

Pusing dan Lelah

Terkadang kita merasakan penat dan lelah karena aktivitas kita yang cukup padat. Saking banyaknya aktivitas, kita sendiri sampai bingung mau mengikuti aktivitas yang mana. Organisasi yang satu jadi panitia rekrutmen, organisasi yang satunya lagi jadi panitia dauroh, laporan pertanggungjawaban acara kemarin belum selesai dikerjakan, kemudian tugas makalah kuliah harus pula diselesaikan. Terkadang kita bingung harus memilih yang mana dahulu untuk diselesaikan. Serasa ingin dibelah badan ini agar bisa menyelesaikan semuanya.

Kalau kita merasakan seperti ini dan butuh penyemangat, segeralah kirim sms ini:

“Kalau kepala harus terbagi dengan banyaknya agenda dakwah. Saat bahu terasa beban karena amanah bertambah. Jangan lemah. Tetaplah bersabar dan istiqomah. Karena Allah tiada lengah.”

Regenerasi

Ilham: Yog ane bingung ni siapa pengganti ketua LDK selanjutnya, dan siapa saja pengurus LDK selanjutnya.

Yogi: Oh bingung ya, ane juga bingung ni. Magang Kestari aja belum jalan-jalan juga.

Ilham: Menurut ente supaya pengurus LDK selanjutnya lebih baik dari kepengurusan kita bagaimana ya caranya? Apa aja syarat yang harus dipenuhi ya?

Yogi: Oiya ane teringat kata-kata dari Ust. Rahmat Abdullah “Jadilah kalian generasi yang paling kokoh, yang paling lapang dadanya, yang paling dalam pemikirannya, yang paling luas cara pandangnya, yang paling rajin amalan-amalannya, yang paling solid penataan organisasinya dan yang paling banyak manfaatnya.”

Ilham: wah mantap tuh kata-katanya dapat dari mana tuh?

Yogi: dari ust. Rahmat Abdullah, kan tadi ane udah bilang.

Ilham: Oiya tuh keren banget, nanti kata-kata itu akan ane sampaikan kepada An-Najm di APEL SIAGA besok pagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s