Puasa, Tadarus, Tarawih Apalah Gunanya?

anak

Ada anak bertanya pada bapaknya. Buat apa berlapar-lapar puasa? Ada anak bertanya pada bapaknya. Tadarus tarawih apalah gunanya. Lapar mengajarmu rendah hati selalu. Tadarus artinya memahami kitab suci. Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi.

Akhi dan Ukhti pasti sudah pernah dengar lirik lagu diatas. Lirik lagu Bimbo yang legendaris. Tentang anak yang bertanya pada bapaknya, untuk apa puasa, tadarus, dan tarawih?

Surat Al Baqarah ayat 183, Hai orang-orang yang beriman. Diwajibkan atas kamu berpuasa. Sebagaimana telah diwajibakan atas kaum sebelum kamu. Agar kamu menjadi orang yang bertaqwa.

Kata “Hai orang-orang yang beriman” di awal kalimat menunjukkan bahwa, belum tentu semua orang beriman itu bertaqwa. Puasa merupakan jalan untuk menjadi orang yang bertaqwa.

Apa itu taqwa? 

Untuk mengerti apa itu taqwa, kita harus mempelajari Al-Quran. Karena yang paling mengerti Taqwa adalah Al-Quran. Kemudian, untuk mengerti Al-Quran, kita juga harus mengerti Hadits. Karena penjelasan Al-Quran ada dalam Hadits.

Dalam jiwa manusia, ada dua hal yaitu fujuroha dan taqwa (baca surat As Syams ayat 8). Fujuroha artinya kemaksiatan. Taqwa adalah ketaatan. Orang bertaqwa menganggap segala sesuatu milik Allah ta’ala. Dan orang-orang yang bertaqwa selalu berusaha membersihan diri. Di surat As-Syams dijelaskan bahwa beruntung bagi orang-orang yang membersihkan diri dan rugi bagi orang-orang yang mengotori.

Di surat lain, orang beriman diperintahkan untuk menjaga dirinya dan keluarganya dari api neraka. Neraka itu bahan bakarnya batu dan manusia. Munculnya perasaan menjaga karena ada rasa takut. Bagaimana kita bisa menjaga diri, kalau kita tidak merasa diawasi Allah swt?

Orang bertaqwa mempunyai pikiran yang visioner (jauh kedepan).

Selain dari rasa takut, juga ada rasa cinta. Takut dan cinta merupakan suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari orang bertaqwa. Takut dan cinta di dalam bahasa Al-Quran dikatakan Ridho. Rasulullah pernah berdoa, Allahumma innanasaluka ridhoka wal jannah. Wanaudzubika min sakhotika wannar. Ya Allah kami mohon ridho-Mu dan surga-Mu. Dan kami berlindung dari murka-Mu dan api neraka.

Apakah orang yang sholat itu sudah bertaqwa? Belum tentu. Karena belum tentu semua orang sholat merasa bahwa dirinya beribadah untuk Allah, merasa bahwa dirinya bersama Allah. Belum tentu pula, semua orang sholat mengingat kematian.

Orang taqwa adalah orang yang berpikir visioner. Maksudnya bukan hanya berpikir mengenai kehidupan dunia, tetapi juga kehidupan akhirat. Berpikir bahwa dirinya akan mati dan mempertanggungjawabkan segala perbuatan di dunia. Oleh karena itu orang taqwa selalu berusaha melakukan ahsanu amala (amalan yang terbaik) selalu berpikir bahwa dirinya belum baik dan berusaha memperbaiki diri.

Untuk Apa Membaca Al-Quran?

Salah satu cara menunjukkan cinta kita kepada Allah adalah dengan membaca Al-Quran. Sudahkah kita benar-benar mencintai Allah dengan membaca Al-Quran. Seberapa sering kita berdzikir kepada Allah. Mengulang-ulang kalimat untuk mengingat Allah.

Untuk Apa Shalat Tarawih?

Mengapa pula shalat tarawih itu berulang-ulang rakaatnya? Karena disitulah sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah.  Maka lakukanlah tarawih dengan rileks dan santai agar diri kita merasa sedang bersama Allah.

Penutup

Kita disini tahu bahwa Allah itu maha mengetahui. Ini adalah iman. Tapi kita belum tentu merasa, Allah itu maha mengetahui. Sifat merasa ini adalah taqwa.  Oleh karena itu, puasa merupakan sarana bagi kita agar bisa merasakan dan  membangun kebersamaan dengan Allah. Orang yang bertaqwa, merasa bahwa semuanya adalah milik Allah.

Tulisan ini terinspirasi dari ceramah jumat dan lirik lagu bimbo.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s